Senin, 26 Desember 2011

Energi Waktu


“Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, energi hanya dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya”. Begitulah bunyi salah satu pelajaran Fisika. Hukum kekekalan energi ini mempunyai kesamaan dengan waktu, yakni sama-sama tidak dapat diciptakan (oleh manusia).

Namun berbeda dengan energi yang tidak bisa musnah, waktu akan senantiasa musnah (hilang) di setiap detiknya. Digunakan ataupun tidak.

Kita semua punya waktu yang sama. 24 jam dalam satu hari, 7 hari dalam seminggu, dst. Modalnya sama antara satu orang dengan yang lain. Tetapi jika kita perhatikan, ada beberapa orang mencapai hasil yang lebih banyak, besar, dan bermanfaat. Sementara sebagian yang lain hanya biasa-biasa saja.

Ternyata perbedaan mencolok terdapat pada “pengubahan” atau pemindahan dari penggunaan “energi” tersebut. Ada yang menggunakannya dengan pekerjaan yang membuatnya “merangkak”, “berjalan”, atau “berlari” menuju impiannya. Tidak sedikit pula orang yang menghabiskannya hanya untuk hal-hal yang malah membuatnya malah menjauh dari tujuan hidupnya.

Mengutip sebuah iklan layanan masyarakat yang kurang lebih berbunyi “bijaklah dalam penggunaan energi listrik untuk masa depan yang lebih baik”. Begitu pula seharusnya dalam penggunaan waktu. Sehingga, jika semakin bijak seseorang menggunakan waktunya, maka akan menjadi semakin besar energi yang dimilikinya untuk mengejar impiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar